11.202 Warga Aceh Utara Terdampak Banjir

adapun warga terdampak banjir sebanyak 11.202 yang berada empat kecamatan dengan rincian, Kecamatan Matangkuli ada 4.580, Kecamatan Banda Baro 23 jiwa, Kecamatan Tanah Luas 1.122 jiwa dan Kecamatan Pirak Timu terdapat 5.477 .

Waktu Baca 2 Menit

11.202 Warga Aceh Utara Terdampak Banjir

ACEH UTARA, READERS – Banjir di Aceh Utara mengakibatkan sebanyak 45 desa di Aceh Utara terendam lantaran dalam dua hari terakhir berlangsungnya hujan deras.

Akibat hujan deras ini mengakibatkan meluapnya aliran sungai Krueng Keureuto , Krueng Pirak dan Krueng Pase pada Sabtu (21/1/2023) pukul 21:00 WIB hingga memasuki pemukiman warga.

Kalaksa BPBD Aceh Utara Asnawi, melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Mulyadi mengatakan 45 desa terendam banjir tersebut tersebar di tujuh Kecamatan yaitu Kecamatan Lhoksukon, Samudera, Matang Kuli, Banda Baro, Langkahan, Tanah Luas dan Pirak Timu.

Lanjutnya, adapun warga terdampak banjir sebanyak 11.202 yang berada empat kecamatan dengan rincian, Kecamatan Matangkuli ada 4.580, Kecamatan Banda Baro 23 jiwa, Kecamatan Tanah Luas 1.122 jiwa dan Kecamatan Pirak Timu terdapat 5.477 .

Sedangkan warga yang mengungsi sebanyak 420 orang di Gampong Tanjong Hagu, Kecamatan Samudera memilih mengungsi di Meunasah setempat.

Mulyadi menyebutkan akibat luapan aliran Krueng (Sungai) Keureuto, Krueng Pirak dan Krueng, Sabtu (21/1/2022) sekitar pukul 21.00 WIB. Sedang di Kecamatan Tanah Luas air masuk dalam pemukiman warga mencapai 50 - 70 Centimeter.

Mulyadi menjelaskan kondisi debit air masih bertahan dan belum ada tanda-tanda  surut. Dengan demikian, upaya dilakukan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan beberapa pihak.

“Upaya dilakukan Kalaksa BPBD Aceh Utara meminta melalui camat yang ada di 27 Kecamatan di Aceh Utara untuk terus secara kontinu memberi informasi dan perkembangan. Sedangkan  tim BPBD terus bertugas memantau lokasi banjir,”pungkasnya.

Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...