Feature

3 Wisata Alam yang Harus Teman-Teman Kunjungi Saat di Aceh

Author

Waktu Baca 8 Menit

3 Wisata Alam yang Harus Teman-Teman Kunjungi Saat di Aceh
Pesona keindahan Pulau Weh, Pulau Banyak dan Danau Lut Tawar. (Editor Foto: Readers.id/Herman Muhammad)

Halo teman-teman Readers! Sudah mau akhir tahun nih! Saatnya membuat daftar tempat yang akan dikunjungi pada liburan nanti! Nah pas banget kali ini saya akan memberikan rekomendasi destinasi wisata alam di salah satu provinsi paling barat di Indonesia yaitu Aceh. Penasaran apa saja destinasinya? Mari kita simak! Oh ya, jangan lupa dicatat ya!

1. Pulau Weh (Sabang)

Keindahan Pulau Weh, Foto: Seindo travel

Pulau Weh merupakan salah satu pulau kecil terluar Indonesia, berada di bagian utara dataran Aceh yang terletak di Laut Andaman. Lokasinya sangat strategis, dengan keindahan alamnya yang dijuluki sebagai surga di ujung barat Nusantara. Pulau ini terbentuk secara vulkanik dengan penemuan batu-batu khas vulkanik yang mudah dijumpai.

Pulau yang terkenal dengan ekosistem dan keindahan alamnya yang begitu menggoda mampu menyihir para wisatawan.  Perjalanan menuju pulau ini menempuh jalur laut melalui Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan Sabang. Ada dua jenis kapal yaitu kapal cepat dengan waktu tempuh 30 menit dan kapal lambat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. 

Di pulau ini banyak di jumpai spot wisata di antaranya Pantai Anoi Itam, Pantai Sumur Tiga, Pantai Teupin Layee, Pantai Iboeh, Benteng Jepang, Tugu Nol Kilometer Indonesia dan banyak lainnya. Wisatawan dapat melakukan berbagai hal seru dengan berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya. Buruan teman-teman, hihi.

Berikut jadwal dan biaya trip ke Pulau Weh:  

  • Kapal cepat dari pelabuhan Ulee Lheu (Banda Aceh) menuju Pelabuhan Balohan (Sabang). Waktu tempuh kurang lebih 45 menit dengan harga tiket Rp85.000 sekali jalan. Jadwal keberangkatan pukul 10.00 WIB dan 16.00 WIB
  • Sebaliknya dari Sabang menuju Banda Aceh, Jadwal keberangkatan kapal cepat adalah pukul 10.00 WIB dan 14.30 WIB
  • Kapal lambat dari pelabuhan Pelabuhan Ulee Lheu (Banda Aceh) menuju Pelabuhan Balohan (Sabang). Waktu tempuh kurang lebih 90 menit dan harga tiket Rp25,000. Jadwal keberangkatan pukul 07.30 WIB, 10.00 WIB dan 14.30 WIB
  • Sebaliknya dari Sabang menuju Banda Aceh, jadwal keberangkatan kapal lambat adalah pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB, dan 14.30 WIB

2. Pulau Banyak (Aceh Singkil)

Pesona Pulau Banyak, Foto: Dinas Perhubungan Aceh

Kepulauan Banyak adalah gugusan pulau-pulau kecil di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 ha. Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera. Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak tidak hanya memiliki laut yang luas tetapi juga pantai yang panjang dan indah.

Seperti namanya, kepulauan ini mencakup banyak pulau. Terdiri dari 99 pulau besar dan kecil, dan hampir seluruh pulau di Kepulauan Banyak memiliki pantai berpasir putih. Di antaranya, Pulau Palambak, Pulau Tailani, Pulau Bangkaru, Pulau Ujung Batu, dan banyak lainnya.                                                          

Berikut trip ke Pulau Banyak beserta biayanya:

  • Jalur darat

Dari Banda Aceh menggunakan angkutan umum untuk menuju ke Singkil Rp220.000-250.000. Dengan waktu tempuh lebih kurang 12 jam 46 menit. 

  • Jalur udara

Bagi teman-teman dari luar Aceh juga dapat menggunakan jalur udara, dengan menggunakan penerbangan maskapai yang telah dipesan, dengan harga tiket mulai dari Rp974.000-5.941.000 per orangnya. Setelah sampai di Bandara Kualanamu (Medan), teman-teman dapat menyewa mobil trevel untuk menuju ke Singkil.

Setiba di sana teman-teman dapat menuju langsung ke pelabuhan ferry dan pelabuhan tambat boat di Jembatan Tinggi Pulo Sarok. Tiga transportasi menuju pulau banyak:

  1. Penyebrangan kapal ferry berangkat hari selasa, pukul 10:00 wib dan Jumat, pukul 14:00 wib. Dengan harga tiket Rp27.000 per orang.
  2. Boat tradisional berangkat setiap hari pukul 10:00 wib atau pukul 14.00 wWIB (jadwal sering berubah-ubah tergantung dengan cuaca dan pasang surut air laut) dengan harga tiket Rp30.000 per orang, dengan waktu tempuh 3-4 jam.
  3. Teman-teman juga bisa menyewa speed boat ke Pulau Banyak dengan biaya sekitar Rp1.100.000 – 1.500.000 untuk maksimal 9 penumpang dengan waktu tempuh 1 Jam.

3. Danau Lut Tawar (Takengon)

Penampakan Danau Lut Tawar, Foto: Readers.id/Herman Muhammad

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Di sebelah barat danau terdapat kota kabupaten yaitu kota Takengon yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini Danau Lut Tawar.

Luasnya danau ini sekitar 5.472 hektar, panjang 17 kilometer dan lebar 3.219 kilometer, dengan kedalaman sekitar 50 hingga 80 meter.

Nama Danau Lut Tawar berasal dari lokasinya yang luas sehingga terlihat seperti lautan sedangkan airnya adalah air tawar. Tempat yang pas untuk menikmati kekayaan alam, sangat indah dengan view perbukitan hijau Barisan dan danau biru.

Pengunjung dapat menikmati danau dari Kota Takengon yang terdapat di sisi barat danau ini. Selain menikmati dari tepian, Danau Laut Tawar dapat dinikmati dengan mengitari menggunakan sekoci, perahu karet, sampan, maupun speedboat. Menyenangkan bukan ?

Berikut trip ke Danau Lut Tawar beserta biayanya:

Jarak tempuh Danau Lut Tawar dari Kota Banda Aceh sekitar 325,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 7 jam 6 menit. Sesampai di sana pengunjung wajib membayar tiket masuk senilai Rp5.000 per orang. Untuk mengelilingi danau, pengunjung perlu membayar tarif perahu sekitar Rp20.000. Wah terjangkau banget bukan?

Ini dia teman-teman Readers, tiga destinasi wisata alam di Aceh yang paling terkenal. Buat kalian yang belum pernah ke sana, cus deh masukin ke list destinasi liburan kalian! Ayo liburan teman-teman![]

Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...