Memperkuat Program Merdeka Belajar, Beragam Komunitas Rembuk di Jakarta
Melalui Merdeka Belajar, peran pendidik juga diperkuat untuk merancang metode pembelajaran berbasis proyek untuk memacu kreativitas peserta didik.
JAKARTA, READERS: Demi memperkuat dan mendukung implementasi program Merdeka Belajar dalam terwujudnya sumber daya manusia Indonesia unggul, sebanyak 1000 orang lebih bertemu di Jakarta pada Selasa (24/5/2022).
Mereka semua merupakan terdiri dari Komunitas Kami Pengajar, Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka bersama Komunitas Sidina. Kegiatan itu diberi tema “Bergerak Bersama Berdaya Bersama”.
Selain itu, forum diskusi ini menjadi salah satu rangkaian dari perayaan Hari Pendidikan Nasional 2022 yang diselenggarakan di gedung The Tribrata Darmawangsa Jakarta.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan, program Merdeka Belajar merupakan landasan demi terciptanya transformasi pendidikan Indonesia guna menghasilkan generasi Indonesia yang unggul.
Dukungan yang diberikan oleh perwakilan forum guru, mahasiswa, dan orang tua terhadap program Merdeka Belajar melalui Rembuk Komunitas tersebut akan semakin mempercepat transformasi kualitas pendidikan nasional menuju masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.
“Rembuk Komunitas menunjukkan semangat gotong-royong dari para pemangku kepentingan dalam mendukung dan memastikan kelancaran penerapan program Merdeka belajar di seluruh lingkungan pendidikan nasional,” kata Nadiem.
Semangat gotong-royong ini, lanjutnya, harus terus dijaga dan semakin diperluas dengan melibatkan semua kalangan agar upaya dalam peningkatan mutu pendidikan akan terwujud di masa depan.
Menurutnya, program Merdeka Belajar dihadirkan pemerintah agar seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan hak akan pendidikan berkualitas.
Program ini bersumber dari pemikiran Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional, yang fokus pada asas kemerdekaan dalam menerapkan materi esensial dan fleksibel sesuai dengan minat, kebutuhan, serta karakteristik dari peserta didik.
Melalui Merdeka Belajar, peran pendidik juga diperkuat untuk merancang metode pembelajaran berbasis proyek untuk memacu kreativitas peserta didik.
“Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia harus dilakukan secara komprehensif, berkelanjutan, dan menyeluruh, serta tidak hanya fokus pada satu jenjang saja tetapi menyentuh semua peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, maupun orang tua. Kami percaya terobosan ini akan menciptakan lompatan perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan nasional,” ujar Menteri Nadiem.
Sementara itu Koordinator Reginal Bali Nusa Tenggara Komunitas Kami Pengajar, Lu Eka Yanthi menjelaskan penyelenggaraan Rembuk Komunitas itu untuk mengajak seluruh anggota komunitas, baik guru, mahasiswa, dan orang tua, lebih aktif dalam memberikan rekomendasi bagi Kemendikbudristek. Tujuannya agar program Merdeka Belajar dapat menjadi gerakan bersama yang diaplikasikan di seluruh lingkungan pendidikan.
Menurut Eka, program Merdeka Belajar merupakan terobosan inovatif sehingga perlu didukung semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan.
“Merdeka Belajar merupakan pemikiran hebat dari Kemendikbudristek yang menawarkan hasil jelas demi kebaikan kualitas pendidikan nasional untuk masa depan lebih cerah,” katanya.
Namun, tanpa adanya semangat dan dukungan dari seluruh pihak terkait, program Merdeka Belajar akan menjadi hambar. Melalui Rembuk Komunitas, kami ingin memperkuat kolaborasi di antar komunitas agar penerapan program ini bisa diimplemetasikan secara berkelanjutan.
Sedangkan Koordinator Nasional Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka Rizal Maula menilai program Merdeka Belajar, melalui Kampus Merdeka, telah memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan.
Progam ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, yang merupakan agen perubahan sekaligus garda terdepan, dalam menghadapi perkembangan zaman, dalam aspek pengetahuan dan teknologi.
“Menteri Nadiem dan Kemendikbudristek berupaya mewujudkan Indonesia Emas 2045 dalam bidang pendidikan dengan melahirkan terobosan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kami mendukung misi besar tersebut dan berharap adanya program lanjutan sehingga semangat Merdeka Belajar-Kampus Merdeka terus terlaksana dalam jangka panjang dengan melibatkan komunitas mahasiswa,” kata Rizal.
Pendapat lain dari Founder Komunitas Sidina Susi Sukaesih menyebut, program Merdeka Belajar menekankan peran penting orang tua dalam mendukung pendidikan anak-anaknya.
Orang tua merupakan bagian utama terkait perkembangan pendidikan anak-anaknya sehingga dapat bertahan pada masa disruptif yang kompetitif saat ini.
“Merdeka Belajar menyasar pembentukan orang tua teladan dalam pendidikan yang layak dicontoh. Kami mendorong para orang tua untuk aktif terlibat dalam sosialisasi dan penerapan Merdeka Belajar,” pungkas Susi.
Untuk diketahui, Komunitas Kami Pengajar berfokus pada guru dengan jumlah anggota komunitas mencapai 29.762 yang terdiri dari Komunitas Kami Pengajar di 6 regional antaranya di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali & Nusa Tenggara, Maluku & Papua dan Komunitas Guru ASN PPPK.
Adapun Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka berfokus pada mahasiswa sebanyak 24.528 anggota. Untuk Komunitas Sidina, komunitas ini fokus pada orang tua dengan jumlah anggota 2.075 orang.