Ribuan Sapi di Aceh Tamiang Terinfeksi PMK

Ada 1.881 ekor sapi terinfeksi PMK, 11 ekor diantaranya dilaporkan mati

Waktu Baca 1 Menit

Ribuan Sapi di Aceh Tamiang Terinfeksi PMKIST

ACEH TAMIANG, READERS – Sebanyak 1.881 ekor sapi di Aceh Tamiang dilaporkan terinfeksi Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) sejak sepekan terakhir. 11 diantaranya dilaporkan mati.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang Azwanil Fakri menyebutkan, berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan Dinas Peternakan dapat dipastikan sapi itu mati diakibatkan terinfeksi PMK.  

"Dalam hal ini Pemkab sudah melakukan rapat koordinasi terkait penanganan terpadu penyakit tersebut," kata Azwanil kepada READERS, Rabu (11/5/2022).

Azwanil mengatakan, untuk saat ini pengobatan terhadapa sapi yang terjangkit penyakit tersebut ditangani oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang. 

"Kita terus lakukan pendataan agar jumlah terinfeksi PMK tidak terlalu membesar. Bahkan Posko pengaduan juga sudah dibuka sehingga peternak bisa segera melaporkan kasus itu ke dinas,” katanya.

Dia menyebutkan, penanganan terpadu juga dibantu oleh Dinas Peternakan Provinsi Aceh. 

“Semoga bisa segera pulih sapi-sapi yang sakit ini, dokter hewan sudah dikerahkan untuk penanganannya,” pungkasnya.

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...