Program Erasmus Plus, Dekan FKIP USK Studi Banding ke Spanyol

Waktu Baca 3 Menit

Program Erasmus Plus, Dekan FKIP USK Studi Banding ke Spanyol

BANDA ACEH, READERS – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP USK), Dr. Syamsulrizal, melakukan studi banding ke Spanyol selama enam hari (9-14 Mei 2022). 

Kegiatan tersebut dalam rangka mencari format pembelajaran olahraga agar lebih baik dan berkembang di masa akan datang.

Syamsulrizal mengatakan kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh Spirit Erasmus Plus Programme of the European Union.

“Tuan rumah kegiatan ini Universitat Politècnica de València (UPV) di Kota Valencia,” ujar Syamsulrizal melalui keterangan tertulis diterima READERS, Kamis, (12/5/2022).

Menariknya, kata Syamsul, UPV tidak memiliki Jurusan Olahraga sebagaimana Universitas Syiah Kuala. Namun, sarana prasarana atau venue keolahragaan di kampus tersebut sangat mewah dan mendukung hampir semua cabang olahraga di dunia.

“FKIP USK sangat beruntung mendapatkan kesempatan dalam program internasional ini. Apalagi, dari Indonesia hanya ada tiga universitas yang mendapatkan kesempatan ini, Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, dan Institut Pertanian Bogor,” kata Syamsulrizal.

Mantan Wakil Bupati Aceh Besar itu menyebutkan dari tiga universitas besar yang mewakili Indonesia, hanya Universitas Syiah Kuala yang memiliki Jurusan Olahraga. 

Hal ini, tambah Syamsul, semakin membuat FKIP USK semangat dan optimis ilmu olahraga dan pendidikan olahraga akan berkembang di Universitas Syiah Kuala kelak.

“Kita tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kita akan belajar banyak pada UPV bagaimana mengembangkan fasilitas olahraga agar pembelajaran olahraga dapat berlangsung maksimal di tempat kita,” ucapnya.

Lebih lanjut, Syamsul mengatakan dalam kegiatan tersebut, USK juga mempelajari kurikulum pendidikan di Universitat Politècnica de València yang akan diterapkan di FKIP USK. 

“Jurusan Pendidikan Olahraga akan menjadi pionir untuk menyerap hal-hal baik dari kurikulum pendidikan di Valencia yang dapat diserap pula oleh jurusan-jurusan lain di Universitas Syiah Kuala kelak,” kata Syamsul.

Selain dirinya, turut serta dosen Pendidikan Olahraga lainnya dari FKIP USK, Dr. Yenni Marlina yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Pogram Profesi Guru (PPG) FKIP USK.

“Selain kami berdua, ada juga perwakilan Fakultas Kedokteran USK yang ikut studi banding ke sini. Ada Prof. Yusni, Dosen Bagian Fisiologi FK USK dan dr. Iflan Nauval, Dosen Bagian Ilmu Gizi FK-USK,” sebutnya.

Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...