Buku Ragam Hias Kerawang Gayo dan Meshikat Alas Diterbitkan

Waktu Baca 3 Menit

Buku Ragam Hias Kerawang Gayo dan Meshikat Alas Diterbitkan
Cover buku Kerawang Gayo dan Mesikhat Alas

BANDA ACEH, READERS - Seniman muda sekaligus akademisi seni Ansar Salihin, S.Sn.,M.Sn (Bener Meriah) dan Saniman Andikafri, S.Sn.,M.Sn (Aceh Tenggara) menulis buku Ragam Hias Aceh Dataran Tinggi ( Kerawang Gayo dan Mesikhat Alas) yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Periwisata Aceh bekerja sama dengan The Gayo Institute (TGI). Sabtu (21/1/2023).

Untuk diketahui, buku tersebut merupakan hasil dari penelitian ragam hias yang terdapat di Gayo dan Alas baik pada ukiran rumah adat, motif pada pakaian adat dan benda lainnya.

Dijelaskan juga bahwa buku ini disusun dalam bentuk buku ilmiah popular yang terdiri dari foto ragam hias, desain ragam hias, penjelasan bentuk motif dan filosofi makna dari motif tersebut.

Ansar Salihin mengatakan, kerawang Gayo dan mesikhat Alas merupakan identitas masyarakat berupa motif ragam hias yang diterapkan pada bangunan, pakaian dan benda lainnya. Ragam hias tersebut merupakan representatif kehidupan masyarakat Gayo dan Alas. 

“Dalam buku ini membahas ragam hias ukiran yang terdapat pada arsitektur rumah adat dan ragam hias pada pakaian adat Gayo dan Alas. Kerawang merupakan hiasan berupa motif-motif atau ragam hias yang ditempatkan pada suatu benda. Karya ini kami persembahkan khususnya kepada masyarakat Gayo dan Alas dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya,” kata Alumni Pascasarna ISI Padangpanjang ini.

Sementara Saniman Andikafri juga mengatakan bahwa Mesikhat berasal dari bahasa Alas, yakni tesikhat yang berarti mengaplikasikan motif hias yang ada pada pikiran ke dalam media kayu atau kain, dan mengaplikasikannya kepada benda atau objek.

Dengan hadirnya buku tersebut, kata Saniman, dirinya berharap dapat menjadi dokumentasi atau arsip kebudayaan dalam rangka melestarikan kebudayaan lokal.

“Semoga buku ini dapat menjadi dokumentasi atau arsip kebudayaan dalam rangka melestarikan kebudayaan lokal. Terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang telah memfasilitasi penerbitan buku ini” Tutur Saniman Dosen Kriya juga Ketua Jurusan Seni Rupa dan Desain ISBI Aceh.

Menanggapi hadirnya buku ini, Salman Yoga S, editor buku Ragam Hias Kerawang Gayo dan Meshikat Alas menjelaskan ini mengatakan bahwa karya putra daerah yang menekuni dan meneliti kebudayaannya sendiri yang patut diapresiasi.

“Sebagai seniman sekaligus bagian dari dinamika social, selayaknya memang seniman selalu menjawan segala persoalan dengan karya. Tanpa karya tidak ada seniman yang disebut seniman,” jelasnya.

Untuk mendapatkan buku Ragam Hias Aceh Dataran Tinggi ( Kerawang Gayo & Mesikhat Alas) dapat dipesan melalui penulis 085272296756.

Sumber:Rilis

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...