DAERAH

Pemerintah Aceh Nyatakan Siap Tangani Karhutla di Aceh

Waktu Baca 2 Menit

Pemerintah Aceh Nyatakan Siap Tangani Karhutla di Aceh
Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki saat mengikuti Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Antisipasi dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2023, secara virtual, Jakarta, Jumat (20/1/2023).

BANDA ACEH, READERS – Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengikuti Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Antisipasi dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2023, secara virtual pada Jum;at (20/1/2022).

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI secara hybrid, yang dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Mahfud MD pada Jum'at (20/1/2023) kemarin.

Menko Polhukam meminta Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia untuk selalu waspada dan tetap siaga dalam menghadapi bencana di daerahnya, terutama terkait dengan penanggulangan karhutla.

“Maka bisa menggunakan dana BTT, tapi dengan ketentuan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota menetapkan statusnya,” kata Mahfud MD.

Namun, ia juga meminta di daerah, TNI, Polri, mulai dari Polsek, dapat berkolaborasi dalam penanganan Karhutla, termasuk masyarakat harus mendapatkan penyuluhan dalam membuka kebun, tidak dengan membakar lahan. Karena apabila ada yang melanggar dapat diberikan sanksi yang tegas.

Berkaitan dengan permintaan tersebut, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki menyampaikan akan melakukan tindak lanjut, apalagi terkait penanganan Karhutla.

“Terkait penanganan Karhutla yang sering sekali terjadi di lahan gambut, pasca kunjungan Bu Menteri LHK ke Aceh, serta adanya dukungan Kementerian dan dukungan bersama pemangku kepentingan, telah dibangun membangun Daops Manggala Agni di Nagan Raya,” katanya.

Begitu juga menambahkan, SK penetapan izin sudah diterbitkan oleh Bupati. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dengan memberikan dukungan personel, dan Kementerian akan menyediakan sarpras serta pelatihan bagi Personil Pengaman Hutan.

“Semua kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2023 ini. Namun secara bertahap,” ujarnya.

Editor:
Sumber:Humas Aceh

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...