Yayasan Geutanyoe Gelar Pelatihan Penyelamatan untuk Nelayan

"Selain diberikan materi, para peserta juga nantinya melakukan simulasi dan praktek di lapangan cara proses penyelamatan yang direncanakan dilaksanakan di dermaga Pusong, Lhokseumawe,"katanya.

Waktu Baca 2 Menit

Yayasan Geutanyoe Gelar Pelatihan Penyelamatan untuk NelayanReaders.ID, Mulyadi
Para nelayan mengikuti pelatihan penyelamatan di Hotel Diana Lhokseumawe, Senin (23/5/2022).

LHOKSEUMAWE, READERS - Yayasan Geutanyoe berupaya mendorong peningkatan penyelamatan terhadap para Nelayan yang di lima kabupaten/kota di Provinsi Aceh 

Kegiatan itu upaya mewujudkan para nelayan dalam kesiapan melakukan penyelamatan jika ada orang mengalami musibah di laut. Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari sejak 23-24 Mei 2022 di Hotel Diana Lhokseumawe.

Humanitarian Cooordinator Yayasan Geutanyoe, Nasruddin Kepada Readers.ID, mengatakan kegiatan dasar SAR itu diikuti 60 nelayan di kabupaten/kota terdiri dari Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, dan Bireuen

Nasruddin menambah para peserta nanti diberikan pemahaman terkait proses penyelamatan di laut oleh Polairud Polres Lhokseumawe dan Tim SAR.

"Selain diberikan materi, para peserta juga nantinya melakukan simulasi dan praktek di lapangan cara proses penyelamatan yang direncanakan dilaksanakan di dermaga Pusong, Lhokseumawe," katanya.

Nasruddin menyebutkan selama ini para nelayan sering membantu orang musibah di perairan laut. Misalkan, disaat membantu orang tenggelam dan etnis Rohingya yang terombang-ambing di perairan laut dengan menggunakan cara tradisional.

Menurut Nasruddin, kegiatan pelatihan ini sangat penting diberikan kepada para nelayan. Supaya nanti mereka lebih siap dalam melakukan penyelamatan.

Sedangkan, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan (DKPPP), Mehrabsyah menyebutkan Pemkot Lhokseumawe memberi apresiasi dan mendukung penuh kegiatan pelatihan dasar SAR untuk para nelayan dilakukan Yayasan Geutanyoe.

"Tentu dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penyelamatan di laut,"katanya.

Mehrabsyah menyebutkan kegiatan ini menjadi moment yang sangat tepat dilakukan oleh Yayasan Geutanyoe untuk memberikan pelatihan dasar kepada nelayan dalam melakukan penyelamatan di laut.

"Jadi kita berharap para peserta agar mengikuti kegiatan ini hingga selesai, mengingat nanti banyak ilmu didapatkan dalam proses penyelamatan di perairan nantinya," ujarnya.

Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...